Minggu, 22 April 2012

Teknologi dan Pendidikan


Seiring berkembangnya teknologi sangat mempengaruhi semua aspek, disini saya melihat dari aspek pendidikan. Pendidikan pun terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Berikut beberapa contoh dampak positif dan negative akibat perkembangan teknologi bagi dunia pendidikan.
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:

·         Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan juga bias kita dapatkan dari luar lingkungan pendidikan missal dari media Koran, televise, bahkan yang lebih tenar sekarang dari Internet kita dapat searching kapanpun kita membutuhkannya.

·         Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. Seperti guru dapat menjelaskan materi bukan hanya secara audio saja tapi dengan adanya perkembangan teknologi proses belajar-mengajar sekarang bias dengan visual dan audio .

  • System pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. System ini sebenarnya memiliki dua sisi positif dan negative. Sisi positifnya waktu yg diperlukan dalam proses mengajar bias lebih efisien dan dapat dilakukan kapanpun dimanapun, sisi negatifnya hubungan social antara guru dan murid tidak terjalin dekat.

 Disamping itu juga muncul dampak negative dalam proses pendidikan antara lain:
  • Kerahasiaan alat tes semakin terancam program tes intelegensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
  • Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan criminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar