Jumat, 13 Juli 2012

Cara Mengecek Power Supply Komputer

Bagi anda yang mempunyai komputer dirumah, tentu suatu saat akan terjadi trouble. Mungkin komputer berjalan lambat /lelet, sistem error, komputer tidak bisa booting, kadang mati dengan tiba-tiba tanpa ada suatu tanda-tanda walaupun sudah dicolokan di komputer.


Mungkin ada beberapa penyebab komputer mati, diantaranya: motherboard rusak, power supply mati, atau mungkin juga kabel kurang menancap atau malah sudah mati kabelnya. Untuk itu, mungkin pengecekan dimulai dari kabel terlebih dahulu lalu baru power supply yang dicek.
Kalau untuk mengecek power supply digunakan sedikit trik, sebagai berikut:

  1. Lepas semua kabel power supply yang terhubung dengan motherboard, hardisk, cd rom, maupun kabel yang terhubung dengan kipas
  2. Siapkan clip kertas yang akan digunakan untuk mengecek
  3. Cari Kabel dari power supply yang berwarna hijau dan hitam (tidak usah bingung dalam memilih kabel warna hitam, karena banyak. Pilih salah satu saja, karena semua yang berwarna  hitam sama.hehee), kemudian hubungkan kabel warna hijau dengan hitam  dengan clip kertas.
  4.  Colokkan kabel powernya ke listrik.
Kalau kipas nyala kemungkinan power supplynya masih bagus, kalau tidak nyala kemungkinan power supply itu sudah mati. Akan tetapi kipas power supply apabila nyala belum tentu masih bagus, karena ada banyak masalah yang terjadi pada power supply ATX itu mengalami daya drop sehingga apabila power supply dihubungkan dengan motherboard dan harddisk, komputer tidak menyala sedangkan kondisi kipas masih berputar.

Semoga bermanfaat . . . . . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar